Jumat, 16 Januari 2015

Data, Field, Tabel, dan Database



1. Data
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep. Data juga berarti fakta-fakta mentah yang harus dikelola untuk menghasilkan suatu informasi yang memiliki arti bagi suatu organisasi atau perusahaan. Data terdiri atas fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai atau fakta mentah yang belum diolah.
Dalam Sistem Informasi, Data adalah segala sesuatu yang termasuk dalam program komputer yang bisa diatur dan diakses dengan mudah.


 Field
Field adalah kumpulan karakter yang membentuk satu arti , maka jika ada field NamaBarang , maka yang dipaparkan dalam field tersebut adalah yang berhubungan dengan nama barang .
Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
Field Field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadikunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, dengan kata lain PrimaryKey menjadikan tiap recordmemiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakansatu sama lainnya ( unik ). Primary Key berguna saat menampilkan record hasilpencarian ( searching ),pengurutan danproses penampilan data dan lainnyaberlangsung lebih cepat



Tabel 
Table / tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas.
Table adalah Objek utama dalam Access yang digunakan untuk tempat menyimpan data yang akan diolah dalam format baris dan kolom, dan merupakan komponen terpenting dalam database.·


Korelasi Tabel
Tabel sangat berhubungan vital dalam database sebagai pengatur operasi dalam database.
Tabel juga sangat berpengaruh dalam pendidikan, agar bisa lebih mudah dan singkat dalam pemoresan data.

0 komentar:

Posting Komentar