Jumat, 16 Januari 2015

Tokoh-tokoh IT yang Tidak Terlalu Umum


Larry Page dan Sergey Brin – Google



Larry Page dan Sergey Brin Larry Page adalah salah seorang pendiri Google dan saat ini Presiden Produk-produk Google Inc. Lawrence E. Page lahir tahun 1973 di Lansing, Michigan dari orangtua Carl Vincent Page, adalah seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan. Setelah lulus dari East Lansing High School ia belajar dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan dan melanjutkan studi program Master di Universitas Stanford.
saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang”, dan slogan tidak resminya adalah “Don’t be evil”. Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Lei Jun – Xiaomi
Mr. Lei Jun Founder, Chairman and CEO – Mr. Lei pernah menjadi bagian dari tim pendiri Kingsoft pada tahun 1992 dan menjadi CEO pada tahun 1998. Setahun kemudian, ia mendirikan situs layanan informasi IT dan download Joyo.com. Setelah Kingsoft berhasil menyelesaikan IPO mereka, Lei mengundurkan diri dari jabatannya dan menjadi Vice Chairman di Kingsoft. Pada awal 2000-an, ia berinvestasi pada banyak start-up companies sukses seperti YY, UC dan Vancl sebagai angel investor (investor penyandang dana), dan pada tanggal 6 April 2010, ia mendirikan Xiaomi. Pada Juli 2011, ia kembali ke Kingsoft sebagai Chairman of the Board. Kini Lei menjabat sebagai Chairman dan CEO Xiaomi. Sejak merilis telepon cerdas pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan. Pendiri serta CEO Xiaomi adalah Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini kini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan memiliki lebih dari 3000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina dan Indonesia. Sesuai dengan riset terbaru oleh IDC, Xiaomi saat ini merupakan produsen telepon cerdas terbesar ketiga di dunia diikuti oleh Lenovo dan LG yang masing-masing berada urutan keempat dan kelima. Samsung masih tetap diurutan pertama meskipun produksinya menurun, dan diikuti Apple di urutan kedua.




Andy Rubin – Android

Andrew E. Rubin adalah pendiri dan mantan CEO Danger Inc. dan Android Inc. Ia sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Senior Konten Telepon Genggam dan Digital di Google sampai Maret 2013. Di Google, ia mengawasi pengembangan Android, sebuah sistem operasi sumber terbuka untuk telepon pintar. Rubin memegang empat paten untuk hasil temuannya yang diyakini bernilai US$100 juta. 

Rubin dibesarkan di Chappaqua, NY, anak seorang psikolog yang kemudian mendirikan sendiri perusahaan direct marketing. Perusahaan ayahnya menciptakan foto-foto dari gadget elektronik terbaru yang akan dikirim dengan tagihan kartu kredit, sehingga kamar tidur Mr Rubin itu dihiasi dengan perangkat terbaru “. Ia mengelola sebuah sistem komputer papan buletin di masa mudanya. Pendidikan Rubin di Horace Greeley SMA di Chappaqua, NY 1977-1981 dan Utica College, Utica, New York Bachelor of Science di bidang ilmu komputer 1981-1986.

Kevin Systrom – Instagram


Penemu Instagram 

adalah Kevin Systrom, pemuda yang mampu menggebrak dunia teknologi lewat Instagram, sebuah aplikasi social photo sharing di perangkat mobil iOS dan Android.Pada 2004 Kevin Systrom bertemu dengan Mark Zuckerberg untuk diajak bergabungan dengan timnya.Namun Kevin tidak tertarik dengan hal itu. Kevin Systrom,mempunyai latar belakang fotografi. Ia menggeluti hari-harinya dengan kamera. Ia juga meruoakan satu dari alumnus terbaik jurusan Teknik dan Managemen Sains Universtitas Stanford pada tahun 2006.

Awal mulai karirnya ia sempat magang di Odeo (Twitter), Microsoft Sillicon Valley Campus, dan pernah dua tahun bekerja di Google.Pada 2010 Kevin Systrom bersama rekannya, Mike Krieger mendirikam Instagram. Awalnya, Instagram hanya dikemudikan empat orang lalu menambah hingga 13 pekerja dan awalnya juga Instagram hanya menjamah iOS.  Dari satu sistem operasi ini saja, aplikasi besutan Kevin Systrom mampu menyedot hingga 30 juta pengguna. Dan sekarang, setelah akuisisi tahun lalu, Kevin Systrom dikabarkan akan menerima bagian dalam bentuk uang tunai serta saham hingga US$400 juta karena ia memiliki 40% saham di Instagram. Prestasi Kevin Systrom terbilang sangat luar biasa hingga saat ini. Dalam usia Instagram yang baru dua tahun, layanan ini kini bernilai lebih dari Rp9 triliun.













Onno W Purbo – Bapak Internet Indonesia

Tokoh Indonesia pertama yang paling berpengaruh di bidang Informatika ini adalah Onno W Purbo pria kelahiran 17 Agustus 1962, Bandung ini di kenal sebagai Profersor di ITB. Dia juga di kenal sebagai ahli/pakar di bidang Teknologi Informasi di Indonesia, banyak kontribusi yang ia berikan terhadap kemajuan Teknologi Informasi di Indonesia. Salah satu gagasan yang paling terkenalnya adalah RT/RW-Net yang mengukir Sejarah Internet Indonesia. Ia juga aktif menulis di bidang teknologi informasi di berbagai media, berbagai seminar dan konferensi nasional maupun internasional terutama untuk memberdayakan masyarakat indonesia berbasis pengetahuan. Salah satu website referensi yang recomend dari dia salah satunya opensource.telkomspeedy.com

Jim Geovadi – Ahli IT Indonesia

 di urutan terakhir ini mungkin sudah tak asing lagi bagi para hacker Indonesia maupun para profesional IT Security ialah Jim Geovedi. Seberapa pengaruh kah dia dalam hal perkembangan Teknologi Informasi Indonesia! mungkin banyak pengguna IT di Indonesia bisa berbangga karena keberadaannya pria berkacamata ini terkenal lewat aksinya yang bisa meretas sebuah satelit serta mengubah arah atau rotasi satelit itu. Dia salah satu dari banyak Inspirator tokoh Indonesia yang bisa memberi semangat bagi para penerus bangsa yang ingin mendalami ilmu bidan Teknologi Informasi.

I Made Wiryana – Bapak Linux Indonesia

Di urutan ke 2, Tokoh paling berpengaruh bagi dunia Informatika Indonesia ini adalah I Made Wiryana seorang tokoh Indonesia yang terkenal di kalangan pengguna Sistem Operasi (Open Source) Linux di Indonesia. Berawal dari cerita di saat dia melanjutkan pendidikan S2 nya di Australia karena keharusannya menggunakan software original yang berbayar dia berusaha untuk mencari alternatif Software yang bersifat open source yaitu Linux di awal menggunakan Linux dia masih awam dengan OS itu kemudian ia pun mencari beberapa referensi untuk memperdalam ilmunya dan hingga sekarang dia semakin ahli hingga terkenal sebagai pakar dalam bidangnya.

 



Next
This is the most recent post.
Posting Lama

1 komentar:

  1. videos with youtube player and watch
    Find videos about: Youtube Player and Watch. YouTube video. This site does not offer gambling on the market, is illegal or an illegal method of  Rating: youtube to mp3 conconventer 5 · ‎6 votes

    BalasHapus